Ilmuwan Ungkap Penampakan "Setan Debu" di Mars

detail berita
"Setan debu" di Mars (Foto: Howitworksdaily)
CALIFORNIA - Ilmuwan baru-baru ini menjelaskan tentang cuaca yang ada di Mars. Mereka menemukan apa yang disebut "setan debu", menunjukkan cuaca yang tidak biasa di planet merah tersebut.

Dilansir Howitworksdaily, Jumat (18/1/2013), setan debu merupakan angin puyuh "kurus" yang juga ditemukan di Bumi. Angin puyuh ini terbentuk ketika udara panas dekat permukaan, naik dengan cepat melalui sebuah kantung pendingin serta udara bertekanan rendah.



Proses tersebut kemudian menghasilkan sebuah perputaran. Fenomena ini menciptakan kolom udara yang berputar dengan tinggi 10-50 meter (33-164 kaki) dan cukup kuat untuk menyedot debu permukaan.

Setan debu di Mars memiliki perbedaan seperti yang ditemukan di Bumi. Biasanya, setan debu di planet tetangga ini memiliki lebar 50 kali lipat lebih besar dan terkadang memiliki ketinggian hingga beberapa kilometer.

Dengan ukuran 50 kali lipat tersebut, setan debu Mars bisa menghisap sejumlah besar debu dan batu. Ilmuwan menyebut setan debu di Mars lebih persis sebagai supertornado.

Saking kuatnya, setan debu Mars dapat meninggalkan jejak yang dapat terlihat. Jejak tersebut seperti goresan besar yang menyerupai ular.


Sumber: Ahmad Luthfi - Okezone
Category:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini