Es Gempol Plered khas Jepara


http://tulisartikel.com/wp-content/uploads/2012/11/Es-Gempol-Minuman-khas-Jepara.jpg
Es Gempol adalah salah satu jenis minuman khas tradisional yang semua masyarakat Jawa kemungkin sudah pernah merasakannya, karena rasanya yang segar jika diminum siang hari bahkan uniknya bisa membuat perut kita cukup kenyang. Mungkin anda bertanya-tanya kenapa minuman bisa membuat kita kenyang, karena sebagaimana kita tahu seluruh minuman dikonsumsi untuk melepas dahaga bukan untuk mengisi perut.
Es Gempol merupakan minuman khas kota Jepara.Es Gempol sangat cocok dinikmati saat siang hari.Seperti kuliner khas lainnya minuman ini mudah didapatkan diberbagai daerah.Es Gempol menyebar ke sejumlah kota Mulai dari Kota semarang, Solo, Jakarta, Bandung, dan kota lainnya.
Minuman ini populer di Solo dan Semarang.Minuman khas Jepara ini bisa kita dapatkan dari penjual kaki lima sampai kelas hotel.
Keunikan dari Es gempol, minuman khas kota Jepara ini terbuat dari bahan pembuatnya yaitu dari nasi yang dikepal seperti bakso,yang disebut dengan gempol,ditambah santan dan air sirup ataupun gula.Itulah sebabnya Minum es gempol serasa makan nasi.Selain gempol pun juga ada tambahan yaitu pleret,dengan bentuk yang berbeda dengan gempol yang bulat, pleret berbentuk seperti kantong kecil.
Namun sekarang gempol terbuat dari tepung beras yang dibuat adonan, dibentuk dan diberi warna lalu dikukus.Rasa dari Gempol sendiri berasa sedikit asin, sedangkan pleret rasanya kenyal dan sedikit manis. Aroma pandan dan vanili juga terasa, harmonisasi berbagai rasa tersebut itulah khasnya Es Gempol.
Meskipun ada berbagai perdebatan darimana minuman ini berasal,ada yang bilang berasal dari pati ataupun Jepara.Berdasarkan berbagai sumber kebanyakan menyatakan minuman ini khas dari Jepara,dan berkembang kesejumlah kota sekitarnya seperti pati,semarang dan kesejumlah kota.

 



0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini