5 Mobil Amfibi Terkeren di Dunia

Apapun bisa menginspirasi sebuah teknologi, seperti kendaraan dua medan yang mengadaptasi hewan amfibi. Seperti halnya katak, kendaraan amfibi tidak lincah di daratan, di permukaan air pun kendaraan yang satu ini mampu melaju dengan baik.  Mulai dari jenis kendaraan mobil, ATV, bis bahkan truk, tidak luput dijadikan kendaraan amfibi. Berikut otokir merangkum 5 mobil amfibi:

1. Amphicar

Amphicar merupakan mobil amfibi yang mulai dipasarkan pada tahun 1961, dirancang oleh Hanns Trippel dan dibuat oleh Quandt group di L├╝beck dan Berlin-Borsigwalde, Jerman. Nama Amphicar merupakan gabungan dari “amphibious” dan car.” Meskipun pabrikan Jerman, mesin amphicar menggunakan mesin dan desain Triumph Herald 1200.  Di daratan Amphicar mampu dipacu hingga 110 Km/jam, dan diperairan hingga 7 knot. Jika sebelumnya berkekuatan 1147cc, Amphicar berikutnya memiliki performa 1296 dan 14937cc.
Mobil amfibi pabrikan Jerman yang satu ini didesain khusus untuk dipasarkan di Amerika Serikat, hingga tahun 1965 hanya diproduksi 4000 unit saja.  Tak heran jika sebagai benda koleksi Amphicar memiliki nilai tinggi.
 Amphicar
Amphicar

2. Volkswagen Schwimmwagen

Mobil Volkswagen Schwimmwagen dibuat oleh Ferdinand Porsche sebagai kendaraan militer Perang Dunia II, pada tahun 1941. Bentuk VW Beetle amfibi berbeda dengan VW Beetle versi darat, ukuranya lebih kecil. Volkswagen Schwimmwagen menggunakan satu baling-baling dan roda depan yang berfungsi sebagai kemudinya. Baling-baling tersebut akan melipat, jika kendaraan sedang berada di daratan. Meskipun berat dan lamban, namun dengan kekuatan 1131cc dan 25 tenaga kuda unggul di medan off road.
 VW_Schwimmwagen
VW_Schwimmwagen

3. Rinspeed Splash

Rinspeed Splash dikenal sebagai mobil amfibi sekaligus sport pabrikan Rinspeed di Swiss yang dibuat pada 2003 lalu. Rinspeed Splash mampu melaju hingga 200 Km/jam di daratan, 45 knot berlari diperairan. Dengan kekuatan mesin 750 cc, dua silinder, mesin turbo, 140 tenaga kuda, mampu mengakselerasikan kecepatan dari 0 – 100 km/jam dalam 5,9 detik.  Rinspeed Splash menjadi pusat perhatian pengunjung ketika dipamerkan untuk kali pertama di Geneva Motor Show pada 2004.
Rinspeed-splash
Rinspeed-splash

4. LARC-V

LARC-V (lighter, Apmhibous Resuply, Cargo, 5 ton), merupakan mobil amfibi yang dibuat menggunakan bahan almunium. Meski bobotnya ringan namun mampu menampung beban hingga 5 ton. LARC-V dibuat di Amerika Serikat pada 1950  dan dikembangkan hingga sekarang. Kendaraan tangguh kebanggaan militer AS, memiliki panjang 35 kaki, lebar 9,9 kaki dan tinggi 12 kaki. Di daratan LARC-V mampu melaju hingga 45 km/jam, diperairan 10 knots.  Karena daya tampungnya berat, maka LARC-V hanya mampu mengapung diperairan dangkal maksimal 100 cm saja.
 LARC_V
LARC_V

5. Python – The World’s Fastest Amphibious Vehicle

Dave March mulai mengonsep,  membuat dan memperbaiki mobil amfibinya sejak tahun 1976 ketika membuka bengkel di kawasan Faountain Valley, California. Hingg akhirnya pada 2006, Marc mendirikan perusahan otomotif Watercar Inc. Melalui Watercar lahirlah Python, yang diklaim Marc  sebagai mobil amfibi tercepat. Di perairan Python mampu melaju hingga 52 knot, dengan spontanitas akselerasi 0 – 52 knots  dalam 4,5 detik.  Python menggunakan mesin berbahan alumunium besutan LS Corvette.
 Python
Python




Category:

0 komentar:

Posting Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini